5 Cara Merawat Burung Anis Merah Agar Cepat Bunyi

Silahkan Temen-Temen Share Ya.. Terima Kasih

Rate this post

Assalamualaikum wr wb, apa kabar sobat kicau mania semua !.. Semoga selalu sehat dan tetap semangat ya, masih bersama situs resmi pleci.id  yang dimana pada kesempatan kali ini, akan di ulas seputar Burung anis beserta jenis, karakter, harga dan keistimewaan suara yang dihasilkan sangat di cari oleh para kicau mania untuk dapat dijadikan sbeagai burung isian ataupun masteran terbaik. Penasaran Yuk simak info selengkapnya dibawah ini :

 

5 Cara Merawat Burung Anis Merah agar Cepat Bunyi

 

Cara Merawat Burung Anis Merah Agar Cepat Bunyi – Anis merah adalah jenis burung yang tidak sulit dipelihara. Asal pemeliharaannya tepat dan telaten, maka anis merah akan cepat bunyi dan rajin berkicau. Jadi kuncinya adalah perawatan yang rutin, tepat, dan berkelanjutan. Artinya jangan hanya ketika baru memelihara saja akan tetapi telaten merawat kendati sudah busa bersuara merdu. 

5 Cara Merawat Burung Anis Merah agar Cepat Bunyi

Jika Anda memelihara anis merah dan punya anak, Anda juga harus melakukan hal yang sama. Sebab indukan anis merah yang bersuara merdu, belum tentu memiliki anak dengan suara merdu. Anda harus merawat anak anis merah dengan telaten, agar bisa bersuara indah dan merdu seperti indukannya. 

Lalu, seperti apa sih cara merawat burung anis merah Agar Cepat Bunyi? Berikut tipsnya ya. 

  • Letakkan Kandang di Tempat yang Nyaman 

Perhatikan tempat Anda meletakkan kandang si anis merah. Sebaiknya tidak meletakkan kandang di tempat yang banyak angin atau dekat dengan dapur. Anda bisa meletakkan kandang di tempat yang teduh dengan angin yang sepoi-sepoi.

Baca Terus Guys ! . . .  Mengenal Macam Macam Murai Batu Dan Gambarnya

Jangan letakkan anis di tempat yang banyak suara bising. Misalnya saja dekat dengan radio atau televisi. Namun Anda bisa meletakannya di dekat sumber air yang mengalir. Sebab suara gemericik air bisa memancing burung yang bagus ini berkicau. 

  • Pakan Burung Berkualitas

Untuk menghasilkan suara yang merdu, jangan lupa perhatikan kualitas pakan. Beri anis merah dengan pakan berkualitas seperti voer dengan kadar protein 12 sampai 18 persen. Ganti makanan setiap dua hari sekali. Selain itu berikan juga suplemen atau makanan tambahan secara berkala. Bisa satu atau dua minggu sekali. 

Anda juga bisa memberikan buah-buahan segar untuk anis merah. Misalnya saja pepaya atau pisang. Ini akan menambah kualitas suaranya menjadi lebih bagus dari sebelumnya. Pakan yang berkualitas dan bergizi tinggi akan membuat burung anis merah lebih cepat bunyi. 

  • Menutup Kandang Anis Merah 

Cara merawat burung anis merah agar cepat bunyi adalah dengan menutup kandangnya. Anis merah tidak suka tempat yang berisik. Dia lebih suka tempat yang tenang. Untuk memberinya rasa nyaman Anda bisa mengerodong kandang anis merah secara berkala. Misal setiap tiga atau empat hari sekali. Suasana yang tenang akan membuat burung ini nyaman dan cepat berkicau. 

Perhatikan pula kebersihan di sekitaran kandang. Sama seperti burung berkicau lainnya, dia akan merasa risih jika kandangnya kotor. Virus dan bakteri yang ada pada kandang kotor bisa berpengaruh pada kualitas suaranya. Jadi pastikan tempatnya bersih dan nyaman ya. 

  • Pengembunan

Setelah melewati masa ’karantina’ merawat burung yang mahal ini melewati fase pengembunan, yaitu masa awal untuk melewati hari-hari tanpa kerudung atau bungkus kain. Nah, saat inilah anis merah akan tertantang dan berbunyi lantang. 

Baca Terus Guys ! . . .  Tips Merawat Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang

Anda juga harus rutin memandikannya paling tidak sekali dalam sepekan. Ketika memandikannya, sebaiknya burung ini diangin-anginkan terlebih dahulu. Tak perlu terlalu lama, cukup 30 menit kemudian semprot anis merah, sesuai dengan kebiasaan Anda. Setelah selesai angin-anginkan kembali sekitar 10 menit kemudian tutup lagi dengan kerodong. Perlu diingat ketika memandikan jangan dekatkan anis merah satu dan lainnya. 

  • Melatih Suara

Anda bisa melatih suara dengan cara memutar mp3 player suara burung yang lainnya. Si anis merah peliharaan Anda akan mengikuti suara yang ada dalam mp3 plater tersebut. Sebaiknya melatih suara atau pemasteran dilakukan ketika anis merah masih bakalan atau anakan. Rekaman tersebut akan tertanam dan mudah diikuti. 

 

Download suara anis merah disini — > https://pleci.id/masteran-burung-anis-merah/

Nah demikian, tips dan cara merawat burung anis merah agar cepat bunyi. Tidak sulit kan? Selamat mencoba.